Minggu, 24 Juni 2012

Konsep Dasar Data dan Sistem

1.1.1 Data

Data adalah representasi dari suatu fakta, yang di modelkan dalam bentuk gambar, kata, dan / atau angka. Manfaat data adalah sebagai satuan representasi yang dapat di inggat, direkam, dan dapat di olah menjadi informasi. Karakteristinya, data bukanlah fakta, namun representasi dari fakta. Kata sederhananya, data adalah catatan tentang fakta. Data yang baik, adalah yang sesuai dengan faktanya.kenyataan sehari – hari, seringkali data yang dicatat atau direkam bisa menyimpan dari faktanya. Data yang tercatat atau terkam belum tentu seuai dengan fakta karena banyak hal. Penyimpangan ini harus dihindari, jangan sampai terjadi pada saat pencatatan data. Oleh karena itu, di perlukan kegiatan verifikasi, agar data yang tercatat adalah data bener sesuai, serta agar data tersebut benar – bener menjadi representasi yang valid tentang fakta.( Witarto,2006: hal 7 ).

Data dapat di definisikan sebagai deskripsipat berupa dari suatu kejadian yang kita hadapi ( Al-Bahra Bin Ladjamudin,2005: hal 6 ). Data dapat berupa catatan – catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam database. Data akan menjadi bahan dalam suatu prosepengolahan data. Oleh karena itu, suatu data belum dapat di bicarakan banyak sebelum di olah lebih lanjut.

Proses pengolahan data terbagi menjadi tiga tahapan, yang di sebut dengan siklus pengolahan data ( data processing Cycle ) yaitu :

A. Pada tahapan masukan ( input ) Yaitu di lakukan proses pemasukan data dalam computer lewat media masukan (input devices).

B. Pada tahap proses ( processing ) Yaitu dilakukan proses pengolahan data yang sudah di masukan, yang dilakukan oleh alat proses ( process Devices ) yang dapat berupa proses perhitungan, perbandingan, pengendalian, atau pencarian distorage.

C. Pada tahap ( output ) Yaitu di lakukan proses penghasilan output dari hasil pengolahan data kea lat keluaran ( output Devices ) yitu berupa informasi.

INPUT

PROSES

OUTPUT


Gambar 2.1 Komponen – komponen sistem

2.1.2 Sistem

Sistem adalah seperangkat komponen yang saling berhubugan bekerjasama untuk mencpai beberapa tujuan. Menurut Jerry Fith Gerald “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur – prosedur yang saling berhungan, berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu “.

Menurut john F.Nash dan Martil B. ( 1988:35 ) yang di terjemahkan oleh jugianto H.M, Menyatakan bahwa Sistem informasi adalah kombinasi dari orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur – prosedur dan pengendalian yang di tujukan untuk mendapatkan jalurkomunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, member sinyal kepada manajemen yang lainnya terhadapa kejadian – kejadian internal.

2.1.3 Karakteristik Sistem

A. Memiliki komponen yaitu suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerjasama membentuk suatu kesatuan.

B. Batas sistem ( boundary ) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.

C. Lingkungan luar sistem ( environment ) adalah operasi sistem yang mempengaruhi apapun di luar batas dari sistem.

D. Pengaruh sistem ( interface ) adalah merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.

E. Masukan sistem ( inpu ) adalah merupakan energi yang di masukan ke dalam sistem yang berasal dari lingkungan.

F. Keluaran sistem ( output ) adalah merupakan hasildari energy yang diolah oleh sistem.

G. Pengolahan sistem ( process ) adalah meupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang di inginkan.

H. Sasaran sistem, sesuatu yang menyebabkan mengapa sistem itu di buat kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak ada gunanya.

1.1.4 Klasifikasi Sistem

A. Sistem abstrak yaitu sistem yang merupakan pemikiran atu ide – ide yang tidak tampak secara fisik ( sistem teologi ).

B. Sistem fisik yaitu merupakan sistem yang ada secara fisik ( sistem komputer, sistem akutansi, sistem produk dll ).

C. Sistem alamiah yaitu sistem yang terjadi melalui proses alam. ( sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi dll ).

D. Sistem buatan manusia yaitu sistem yang dirancang oleh manusia, sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut human machine system ( contoh : sistem informasi ).

E. Sistem tertentu ( deterministic system ) yaitu beroperasi pada tingkah laku yang sudah dapat di prediksi. Interaksi bagian – bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dar sistem dapat diramalkan ( contoh : sistem komputer ).

F. Sistem tak tentu ( probabilistic system ) yaitu sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsure probabilitas.

G. Sistem tertentu ( close system ) yaitu sistem yang tidak berhubungan dan tidak berpengaruh dengan sistem luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara teoritis sistem tersebut ada, tetapi kenyatannya tidak ada sistem yang bener – bener tertutup,yang ada hanyalah relatively closed ystem ( secara relative tertutup, tidak bener – bener tertutup ).

H. Sistem terbuka ( open sistem ) yaitu sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar