Minggu, 24 Juni 2012

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki komponen - komponen yang saling berintegrasi membentuk satu kesatuan dalam mencapai sasaran sistem. Yaitu sebagai berikut:
A. Blok Masukkan (input block), meliputi metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
B. Blok Model (model block), terdiri dari komnbinasi prosedur, logika dan model matematik yang berfungsi memanipulasi data untuk keluaran tertentu.
C. Blok Keluaran (output block), berupa data-data keluaran seperti dokumen output dan informasi yang berkualitas.
D. Blok Teknologi (technology block), digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian diri sistem secara keseluruhan. Blok teknologi ini merupakan komponen bantu yang memperlancar proses pengolahan yang terjadi dalam sistem.
E. Blok Basis Data (database block), merupakan kumpulan data yang berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan perangkat lunak yang memanipulasinya.
F. Blok Kendali (controls block), meliputi masalah pengendalian terhadap operasional sistem yang berfungsi mencagah dan menangani kesalahan/kegagalan sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar